Nama : Jupri
NPM : 125404140391
Prodi : Manajemen
Informatika

1. Adapun tahapan-tahapan dalam
pemrograman terstruktur adalah, sebagai berikut :
a. Definisi Masalah
·
Memahami Permasalahan :
Dengan melakukan survey dan wawancara dengan user.
·
Identifikasi Permasalahan :
-
Input
-
Proses
-
Output
Tujuan identifikasi adalah untuk membatasi permasalhan agar masalah tidak
berkembang secara tidak terbatas.
b. Perancangan
Metode yang dipakai dalam perancangan adalah metode Top-Down (atas
bawah), dengan peralatan yang dipakai, diantaranya :
·
Hipo/diagram fungsi
Menunjukan hubungan hirarki modul pada suatu sistem, bagian-bagian dan
fungsi-fungsinya.
·
Struktured chart atau bagan struktur
-
Menunjukan organisasi dari sistem secara berjenjang dalam
bentuk modul dan submodul
-
Mengambarkan hubungan elemen data dan elemen kontrol serta
hubungan antar modulnya.
c. Algoritma
Merupakan urutan langkah-langkah logis dalam menyelesaikan masalah yang
disusun secara sistematis. Penyusunan algoritma dapat dilakaukan dengan
berbagai cara, diantaranya :
-
Flowcart
-
Pseudocode
d. Pemograman atau pengkodean
Mentransformasikan algoritma kedalam bahasa pemrograman
·
Memilih bahasa pemrograman
-
Dikuasai oleh pemrogram
-
Dapat dipakai pada berbagai jenis komputer yang berbeda-beda
dan berbagai jenis sistem operasi.
-
Bidang aplikasi yang dikerjakan.
·
Tujuan pengkodean
-
Efisiensi memori yang digunakan
-
Efisiensi perintah dalam setiap modul program
-
Efisiensi penggunaan fasilitas I/O
e. Testing/debugging
Menguji program sampai dipenuhi bebas error lewat berbagai macam kondisi
atau dengan input yang hasilnya dpat di prediksi. Debugging adalah mengkoreksi
error yang terdeteksi meliputi lokasi kodeyang error dan mengkoreksinya.
f.
Dokumentasidan Pemeliharaan Program
Dokumentasi merupakan informasi dan gambaran tambahan yang sangat
membantu untuk memahami sebuah kode yang diberikan, tujuan adalah untuk menjadi
pedoman dan penjelasan bagi para pengguna.
g. Pemeliharaan program
Aktifitas yang terjadi pada fase ini antaralain :
·
Menambahkan atau meningkatkan fungsi-fungsi baru untuk
membperbaiki tampilan dan memperbaharui dokumentasi inter dan ekster.
·
Adaptasi perangkat lunak dengan mesin baru.
·
Memperbaiki masalah yang timbul setelah perangkat lumak
dipakai oleh user.
2.
Program untuk menghitung nilai akhir mahasiswa
·
Source code
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
int main ()
{
struct
data
{
char
nama [20];
int
No;
int
Tugas;
int
MID;
int
UAS;
float
Akhir;
};struct
data mahasiswa [20];
cout<< "PROGRAM
HITUNG NILAI AKHIR JUPRI KURUPUNDA LAGARESI\n";
cout<<
"MATERI : PROGRAM C++\n\n";
int x,y;
cout<<"Masukan Jumlah Mahasiswa :
";
cin>>y;
for(x=0;x<y;x++)
{
cout<<"Mahasiswa
Ke"<<"\t"<<": ";
cin>>mahasiswa[x].No;
cout<<"Nama
Mahasiswa : ";
cin>>mahasiswa[x].nama;
cout<<"Nilai
Tugas"<<"\t"<<": ";
cin>>mahasiswa[x].Tugas;
cout<<"Nilai
UTS"<<"\t"<<": ";
cin>>mahasiswa[x].MID;
cout<<"Nilai
UAS"<<"\t"<<": ";
cin>>mahasiswa[x].UAS;
cout<<endl;
}
cout<<endl;
cout<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<"DAFTAR
NILAI\n";
cout<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<"MATERI
: PROGRAM C++\n";
cout<<"--------------------------------------------------------------\n";
cout<<"No"<<"\t"<<"Nama"<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<"Nilai"<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<"Grade"<<endl;
cout<<"\t"<<"Mahasiswa"<<"\t"<<"-----------------------------\n";
cout<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<"Tugas"<<"\t"<<"UTS"<<"\t"<<"UAS"<<"\t"<<"Akhir"<<endl;
cout<<"--------------------------------------------------------------\n";
for (x=0;x<y;x++)
{
mahasiswa[x].Akhir=(mahasiswa[x].Tugas*30/100)+(mahasiswa[x].MID*30/100)+(mahasiswa[x].UAS*30/100);
cout<<mahasiswa[x].No<<"\t"<<mahasiswa[x].nama<<"\t"<<"\t"<<mahasiswa[x].Tugas<<"\t"<<mahasiswa[x].MID<<"\t"<<mahasiswa[x].UAS<<"\t"<<mahasiswa[x].Akhir;
mahasiswa[x].Akhir=(mahasiswa[x].Tugas*30/100)+(mahasiswa[x].MID*30/100)+(mahasiswa[x].UAS*30/100);
cout<<"\t";
if
(mahasiswa[x].Akhir>=80)
cout <<"A";
else
if (mahasiswa[x].Akhir>=70)
cout<<"B";
else
if (mahasiswa[x].Akhir>=59)
cout<<"C";
else
if (mahasiswa[x].Akhir>=50)
cout<<"D";
else
if (mahasiswa[x].Akhir<=50)
cout<<"E";
cout<<endl;
}
cout<<endl;
}
·
Layar
Masukan &Layar Keluaran


·
Diagram
Ringkas

·
Flowchart

3.
Program PT DINGIN
DAMAI
·
Source
code
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
#include
<stdio.h>
main()
{
char nama[80],
golongan_pendidikan[9];
int jam_kerja = 8, golongan_jabatan,
total_kerja, jam_lembur;
long gaji_pokok = 300000, honor_lembur_per_jam
= 2500, honor_lembur, tunjangan_jabatan, tunjangan_pendidikan, total_honor;
cout<<" \n PROGRAM HITUNG
GAJI KARYAWAN\n";
cout<<" PT. BANG JUPRI
DINGIN PENGEN DAMAI\n";
cout<<"========================================\n\n";
cout<<" Nama
Karyawan"<<"\t"<<"\t"<<"\t"<<":
";
gets(nama);
cout<<" Golongan
Jabatan"<<"\t"<<"\t"<<":
";
cin>>golongan_jabatan;
cout<<"
Golongan_Pendidikan (sma,d3,s1): ";
cin>>golongan_pendidikan;
cout<<" Jumlah Jam
Kerja" <<"\t"<<"\t"<<": ";
cin>>total_kerja;
if(golongan_jabatan==1)
{
tunjangan_jabatan = 5 *
gaji_pokok / 100;
}
else if(golongan_jabatan==2)
{
tunjangan_jabatan = 10 *
gaji_pokok / 100;
}
else if(golongan_jabatan==3)
{
tunjangan_jabatan = 15 *
gaji_pokok / 100;
}
jam_lembur = total_kerja -
jam_kerja;
honor_lembur = jam_lembur *
honor_lembur_per_jam;
total_honor = honor_lembur +
gaji_pokok + tunjangan_jabatan + tunjangan_pendidikan;
cout<<" \n Karyawan Atas
Nama :"<<nama<<endl;
cout<<" Honor yang
diterima."<<endl<<endl;
cout<<" Honor Tetap : Rp.
"<<gaji_pokok<<endl;
cout<<" Tunjangan Jabatan : Rp.
"<<tunjangan_jabatan<<endl;
cout<<" Tunjangan Pendidikan : Rp.
"<<tunjangan_pendidikan<<endl;
cout<<" Honor Lembur : Rp.
"<<honor_lembur<<endl;
cout<<"
________________+"<<endl;
cout<<" Total Honor : Rp.
"<<total_honor<<endl<<endl<<endl;
cout<<" \n JUPRI
KURUPUNDA LAGARESI\n";
cout<<" MANAJEMEN
INFORMATIKA\n";
getch();
}.
·
Layar
Masukan Dan Keluaran

·
Diagram
Ringkas

·
Flowchart

0 komentar:
Posting Komentar